Jumat, 19 September 2008

Terapi Jus Amankan Diabetes

Terapi Jus Amankan Diabetes

Diabetes mellitus adalah penyakit degeneratif yang ditakuti orang karena dapat mengakibatkan komplikasi berupa koma, kerusakan jaringan, dan kebutaan.

Jika seseorang terkena diabetes, seumur hidup ia berdampingan dengan penyakitnya tersebut. Diabetes atau kencing manis memang tidak bisa sembuh 100% sehingga penderita yang sudah dinyatakan sembuh harus tetap menerapkan pola hidup sehat. Jika tidak, kemungkinan besar penyakit tersebut akan datang kembali.

Diet Tinggi Serat

Sekarang ini pengobatan diabetes tidak melulu bergantung pada obat-obat kimia tapi bisa juga dengan ramuan tradisional (herbal) dan terapi jus buah serta sayuran. Jus baik dikonsumsi karena penderita diabetes memerlukan serat yang larut dalam tubuh untuk mengatur kadar gula darah.

Riset membuktikan serat memberikan efek kuat terhadap pengendalian gula darah. Penderita diabetes dengan konsumsi serat tinggi, 50 gram sehari atau setara 7—8 porsi buah dan sayuran, mempunyai kadar gula darah lebih rendah dan lebih stabil daripada penderita yang mengonsumsi diet serat moderat. Diet tinggi serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol total darah hingga 7%.

Selain melimpah kandungan vitaminnya, buah-buahan kaya pula akan berbagai zat yang dapat membantu penyembuhan dan mengontrol kadar gula darah. Buah-buahan dan sayuran merupakan penyembuh yang bersifat membangun kembali jaringan rusak.

Buah-buahan dan sayuran menurunkan kadar gula darah dengan menghambat penyerapan gula, memperbaiki dan merangsang sel beta pankreas dalam memproduksi insulin. Namun di sisi lain, buah-buahan dan sayuran utuh menyulitkan bagi penderita yang giginya tidak lengkap lagi. Untuk itu, buah-buahan dan sayuran dibuat jus terlebih dahulu mempermudah konsumsi dan memungkinkan zat-zat yang terlarut terserap tubuh.

Beberapa jenis buah untuk terapi jus penderita diabetes, antara lain sirsak, belimbing, jeruk, tomat, apel, stroberi, pepaya, dan jumbu biji merah. Ragam buah tersebut bisa digunakan secara tunggal atau dipadupadankan (paling banyak tiga jenis buah) untuk satu kombinasi jus. Selain itu, buah-buahan bisa dipadukan dengan sayuran atau bahan herbal segar, seperti rosella, lidah buaya, dan mengkudu.

Minum Obat dan Olahraga

Untuk mendapatkan kesembuhan melalui terapi jus, penderita harus sabar, tekun, dan kontinu dalam mengonsumsinya. Adakalanya jus terasa kurang pas dengan selera, tapi lama kelamaan akan terbiasa. Selain rutin mengonsumsi jus, penderita juga harus makan teratur dan tidak berlebihan, minum obat secara tepat dan rutin, melakukan perawatan, pemeriksaan, dan konsultasi secara berkala, serta berolahraga.

Jus sebaiknya dibuat dari buah, sayuran, serta herba yang segar dan matang. Bahan-bahan dicuci terlebih dahulu dan dipotong-potong. Masukkan semua bahan ke dalam blender hingga buah dan sayuran hancur. Saring jus dan tambahkan gula nonkalori. Tuang jus ke dalam gelas dan segera minum. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan tak perlu menambahkan air saat membuatnya, gunakan saja juicer.

Jus pada umumnya disajikan dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu. Supaya rasanya lebih nikmat, jus bisa ditambah irisan jeruk nipis atau perasa lain, seperti susu dan sirup bebas kalori. Jus dikonsumsi tiga kali sehari masing-masing satu gelas, sebelum atau sesudah makan.

Dewani (Praktisi)

Aneka Resep Jus Untuk Terapi Diabetes

No. Nama Bahan

1. Jus Apel Stroberi Sirsak - 150 gr apel

- 100 gr stroberi

- 100 gr sirsak

- Air dan es batu secukupnya

2. Jus Jambu Rosella Merah - 200 gr jambu biji merah

- 60 gr/10 kelopak rosella segar

- 1 sdt madu

- Air dan es batu secukupnya

3. Jus Tomat Lidah Buaya - 150 gr tomat

- 100 gr apel

- 100 gr lidah buaya

- 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

- Air dan es batu secukupnya

4. Jus Apel Rosella Merah - 6 kelopak rosella segar

- 1 buah apel

- Garam seujung sendok teh

- Perasan jeruk nipis secukupnya

- Gula nonkalori secukupnya

- 200 ml air matang

5. Jus Apel Buah Naga - ½ buah buah naga

- 1 buah apel

- Perasan jeruk nipis secukupnya

- Gula nonkalori secukupnya

- 200 ml air matang

6. Jus Belimbing Rosella Merah - 3 kelopak rosella merah segar

- ½ buah belimbing

- 1 buah apel

- Garam seujung sendok teh

- Gula nonkalori secukupnya

- 200 ml air matang

7. Jus Pegagan - 9 lembar pegagan segar

- Garam seujung sendok teh

- Gula non kalori secukupnya

- 200 ml air matang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar